Batee Iliek

Panorama di batee iliek



















assalammualaikum .kali ini mimin mau posting dan ceritakan tentang Objek wisata yang ada di aceh yaitu Batee Iliek,
 
Bireuen, NAD - Objek wisata Batee Iliek di Kecamatan Samalanga, Kabupaten Bireuen, kini semakin diminati para wisatawan. Selain letaknya yang srategis karena berada di lintasan jalan nasional, pesona panorama alam serta aliran air sungai yang jernih dan bersih juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri.

Batee Iliek sendiri berasal dari kata batee yang berarti batu, dan iliek yang berarti mengalir, jadi dapat diartikan Batee Iliek adalah sekumpulan batu-batu yang mengalir. Ada juga pendapat yang mengatakan kalau iliek itu berasal dari kata leu'ik yang berarti becek, tapi sedikit yang menyepakatinya.
Sejak awal 2007 kawasan objek wisata Batee Iliek telah dipercantik dengan mendirikan warung-warung yang berjejer rapi di sepanjang tepi sungai, membuat pengunjung dapat dengan mudah menikmati keindahan panorama air sungai.

Menurut seorang warga asal Samalanga, Muhammad, lokasi wisata yang sempat ditutup akibat konflik itu selalu didatangi pengunjung. Terutama di hari libur seperti Sabtu dan Minggu. Perekonomian warga sekitar juga ikut terbantu. Di lokasi rekreasi tersebut terdapat sejumlah pondok makanan. Selain itu, lokasi rekreasi juga dilengkapi area parkir yang luas dan aman. “Dengan ramainya pengunjung, kami dapat memperoleh rezeki yang memadai,” kata Sulaiman, seorang juru parkir di area wisata tersebut.

Sementara itu, Saiful, seorang pengunjung objek wisata Batee Iliek, asal Banda Aceh, mengatakan bahwa Batee Iliek merupakan salah satu lokasi wisata alam yang ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun luar daerah Bireuen. Menurutnya, dengan adanya wisata alam seperti ini masyarakat di beberapa daerah dapat memanfaatkan liburan bersama keluarganya. “Saya lihat banyak juga anak-anak sekolah, instansi-instansi pemerintah maupun swasta yang secara berombongan mengunjungi tempat wisata ini. Apalagi sekarang ini hari libur sekolah dan menjelang tahun ajaran baru,” ucapnya. Dia berharap kepada pemerintah setempat agar dapat lebih memperhatikan lagi objek wisata yang megah tersebut.

dan ini foto mimin & teman-teman mimin saat di batee iliek gan :










sekian dari postingan mimin di malam minggu ini , tunggu postingan selanjutnya lagi ya gan .



Written by

0 komentar: